Mengenai Saya

Foto saya
SAYA ADALAH SESEORANG YANG SANTAI DALAM MENJALANI KEHIDUPAN, TAPI SAYA PNYA PRINSIP YANG KUAT.

Senin, 17 Desember 2012

proposal permohonan


A.  PENDAHULUAN

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Karena dengan rahmat dan karunia-Nya Kita masih diberi kesehatan dan kemampuan untuk terus mengembangkan wawasan serta pengetah
uan tentang Bimbingan dan Konseling sebagai bekal kehidupan dimasa yang akan datang.
Bimbingan dan Konseling merupakan bagian penting dalam pendidikan dimana ketercapaian tujuan pendidikan ditentukan oleh keberhasilan proses layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Keberhasilan proses layanan bimbingan dan konseling sangat ditentukan oleh konselor ( pelaksana layanan ) untuk itu konselor dituntut memenuhi kompetensi yang menunjang terlaksananya bimbingan dan konseling. Kompetensi yang dimaksud meliputi kompetensi kepribadian, professional, sosial dan paedagogik. Kompetensi kepribadian berkenaan  dengan pribadi yang harus dimiliki oleh seorang konselor. Kompetensi sosial berhubungan dengan bagaimana seorang konselor menjalankan perannya sebagai anggota masyarakat. Kompetensi paedagogik menyangkut pengetahuan tentang pendidikan yang harus dimiliki seorang konselor sedangkan kompetensi professional merupakan kompetensi yang berkenaan dengan spesifikasi keahlian yang harus dimiliki seorang konselor yaitu bimbingan dan konseling.

Untuk memenuhi ke empat kompetensi diatas maka diperlukan pendidikan yang terarah dalam menggodok tenaga – tenaga konselor yang profesional dan salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tenaga konselor adalah Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan  ( STKIP) Muhammadiyah Pringsewu Lampung. STKIP Muhammadiyah terdiri dari tiga jurusan dan salah satunya adalah ilmu pendidikan  yang didalamnya terdapat program studi Bimbingan dan Konseling dengan tiga spesifikasi bimbingan dan konseling yang meliputi BK Sekolah Dasar, BK Personalia, dan BK Kemasyarakatan.
Bk kemasyarakatan  adalah bimbingna dan konseling yang lebih terfokus pada obyek kemasyarakatan yang tidak hanya mempelajari teori bimbingna dan konseling di sekolah tetapi juga meliputi bimbingan dan konseling di masyarakat dengan tujuan mengembangkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang bimbingan dan konseling yang tidak hanya dilaksanakan di sekolah tetapi juga dapat dilaksanakan  di masyarakat. Dalam prakteknya mahasiswa mempelajari berbagai masalah yang ada di masyarakat dan mencari solusinya melalui bimbingan dan konseling.

Sebagai salah satu bentuk peran BK kemasyarakatan terhadap berbagai masalah yang ada maka kami mahasiswa BK kemasyarakatan menyusun program berkenaan dengan peran BK di masyarakat. Program yang dimaksud adalah:
1.      Praktek BKP dan KKP ( yang sudah di dokumentasikan dalam bentuk soft copy )
2.      Presentasi isu bimbingan kelompok teman sebaya ( sudah dilaksanakan pada tanggal 27 November 2012 pada pertemuan MGBK SMA/SMK Se-Pringsewu di SMK Karya Bhakti )
3.      Diskusi interaktif yang akan dilaksanakan pada kegiatan camp konseling di way lima
4.      PLP ( Program Latihan Profesi ) yang dilaksanakan di Yogyakarta pada perkiraan bulan Februari
5.      Workshop dengan tema “ Bimbingan Kelompok Teman Sebaya Sebagai Salah Satu Bentuk Monitoring Perkembangan Siswa “
6.      Ikut serta dalam kegiatan masyarakat ( Posyandu ) dengan memberikan penyuluhan terkait pertumbuhan dan perkembangan buah hati di beberapa posyandu yang ada di kabupaten pringsewu
7.      Penelitian kelompok terkait dengan masalah sosial yang ada di masyarakat

B.  MAKSUD DAN TUJUAN
Program yang dibuat oleh mahasiswa BK Kemasyarakatan bertujuan untuk:
1.      Mengembangkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa bimbingan dan konseling khususnya pada ranah masyarakat
2.      Menerapkan layanan bimbingan dan konseling dalam ruang lingkup masyarakat
3.      Membandingkan antara teori dengan kenyataan dilapangan
4.      Mengujicobakan teori bimbingan dan konseling di masyarakat
5.      Memberikan kontribusi berupa solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat



C.  WAKTU DAN TEMPAT
Program yang dibuat oleh mahasiswa BK Kemasyarakatan dilaksanakan pada rentang waktu dari bulan November 2012 sampai bulan Mei 2013 dengan tempat yang disesuaikan


D.  PESERTA
Pelaksanaan program BK Kemasyarakatan mengikutsertakan sejumlah peserta yang terdiri dari:
1.      Seluruh mahasiswa BK Kemasyarakatan
2.      Anggota masyarakat yang menjadi sasaran program

E.  TEMA KEGIATAN
“ Optimalisasi Peran Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Di Lingkungan Masyarakat “

F.   ESTIMASI DANA
Terlampir

G. JADWAL KEGIATAN
Terlampir

H.  PENUTUP
Demikianlah program BK Kemasyarakatan yang dapat kami buat. Semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua

Pengurus Kelas Bk Kemasyarakatan

Ketua kelas,                                                                              Sekretaris,

M. Sholefudin                                                                         Munawaroh
NPM. 09020029                                                                     NPM. 09020124

Lampiran 1

Estimasi dana untuk setiap kegiatan yang sudah direncanakan.


No
Nama Kegiatan
Estimasi Dana
1.
Praktek BKp dan KKp
Rp. 100. 000, 00
2.
Presentasi Isu Bimbingan Kelompok Teman Sebaya
Rp. 150. 000, 00
3.
Diskusi Interaktif
Rp. 50. 000, 00
4.
PLP
-
5.
Workshop
Rp. 6000.000, 00
6.
Penelitian Kelompok
Rp. 4000. 000, 00

Jumlah
Rp. 10. 300. 000, 00


















Lampiran 2
Jadwal Kegiatan

Jadwal yang kami buat ini bersifat umum dengan hanya mencantumkan bulan pelaksanaan kegiatan.

No
Nama Kegiatan
Bulan Pelaksanaan
1.
Praktek BKp dan KKp di Masyarakat
November - Desember
2.
Presentasi Isu Bimbingan Kelompok Teman Sebaya
November
3.
Diskusi Interaktif
Desember
4.
PLP
Februari
5.
Workshop
Februari/Maret
6.
Penelitian Kelompok
Maret – Mei

















USULAN KEIKUTSERTAAN MAHASISWA BK KEMASYARAKATAN DALAM PLP (PROGRAM LATIHAN PROFESI) DENGAN TUJUAN YOGYAKARTA


A.  Pendahuluan

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Pringsewu Lampung sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan bagi guru bimbingan dan konseling, berusaha meningkatkan kualitas lulusan melalui program  dalam bentuk mata kuliah atau beban studi yang harus ditempuh oleh mahasiswa bimbingan dan konseling. Salah satu beban studi yang harus ditempuh mahasiswa sebagai syarat dalam mencapai gelar sarjana adalah dengan mengikuti Program Latihan Profesi (PLP).

Berdasarkan kebijakan lembaga, Program Latihan Profesi (PLP) dengan tujuan Yogyakarta merupakan program yang diperuntukkan bagi mahasiswa bimbingan konseling konversi (sudah bekerja sebagai guru di sekolah). Dengan pertimbangan bahwa mahasiswa yang sudah bekerja apalagi terikat oleh dinas terkait tentunya tidak dapat melaksanakan Program Latihan Profesi (PLP) secara resmi yang diadakan di sekolah – sekolah yang mengadakan kerjasama dengan STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung seperti mahasiswa reguler. Sebagai gantinya mahasiswa konversi harus mengikuti Program Latihan Profesi (PLP) dengan tujuan Yogyakarta. Dalam program ini mahasiswa lebih diarahkan untuk melakukan studi banding tentang bimbingan dan konseling di kota pendidikan yaitu Yogyakarta. Studi banding dimaksudkan agar mahasiswa yang sudah menjadi guru di sekolah dapat memperoleh pengetahuan – pengetahuan baru tentang bimbingan dan konseling untuk diterapkan di sekolah masing – masing.

BK Kemasyarakatan sebagai salah satu spesifikasi dalam program studi bimbingan dan konseling yang lebih terfokus pada bimbingan dan konseling di masyarakat. Ketika berbicara tentang Program Latihan Profesi (PLP) tentunya akan mempertimbangkan kesesuaian antara spesifikasi yang dipilih oleh mahasiswa, untuk BK Kemasyarakatan lebih mengarah kepada Program Latihan Profesi (PLP) yang kegiatannya lebih kepada pengembangan bimbingan dan konseling di masyarakat. Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan maka Program Latihan Profesi (PLP) yang lebih sesuai untuk mahasiswa BK Kemasyarakatan adalah PLP yang dilaksanakan untuk mahasiswa konversi yaitu PLP dengan tujuan Yogyakarta.  

B.   Program Latihan Profesi (PLP) dengan tujuan Yogyakarta

Program Latihan Profesi (PLP) diharapkan tidak hanya sebagai beban tugas yang harus diikuti untuk memperoleh gelar sarjana tetapi lebih kepada salah satu bentuk kegiatan untuk melatih dan mengembangkan pengetahuan dalam bimbingan dan konseling yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu ada beberapa hal yang kami harapkan dalam kegiatan Program Latihan Prifesi (PLP) diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Menambah wawasan dan pengetahuan tentang penerapan bimbigan dan konseling di masyarakat melalui kunjungan ke panti rehabilitasi.
2.    Studi banding ke sekolah unggulan yang memiliki bimbingan dan konseling yang sudah baik sebagai salah satu penambah referensi mahasiswa tentang bimbingan dan konseling.
3.    Praktek layanan bimbingan dan konseling di lingkungan yang berbeda (budaya, kebiasaan dan adat yang berbeda).
4.    Belajar dari stakeholder pelaksana bimbingan dan konseling yang ada di sekolah dan panti rehabilitasi yang menjadi sasaran kunjungan.
5.    Memperoleh inspirasi tentang kota pelajar sebagai penambah wawasan dan pengetahuan untuk diterapkan di Prinsewu (menanggapi isu bahawa Pringsewu akan ditetapkan sebagai kota pelajar).
6.    Melakukan wisata belanja sebagai pelengakap kegiatan.


C.   Rencana kegiatan yang akan dilakasanakan BK Kemasyarakatan setelah Program Latihan Profesi (PLP)

Setelah mengikuti Program Latihan Profesi (PLP) kami mahasiswa BK Kemasyarakatan merencanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Workshop dengan tema “ Bimbingan Kelompok Teman Sebaya Sebagai Salah Satu Bentuk Monitoring Perkembangan SisSwa “
2.      Ikut serta dalam kegiatan masyarakat ( Posyandu ) dengan memberikan penyuluhan terkait pertumbuhan dan perkembangan buah hati di beberapa posyandu yang ada di kabupaten pringsewu.
3.      Penelitian kelompok terkait dengan masalah sosial yang ada di masyarakat.

D.   Penutup

Berdasarkan uraian diatas tidak berlebihan kiranya jika kami mahasiswa BK Kemasyarakatan mengusulkan untuk dapat ikut serta dalam kegiatan Program Latihan Profesi (PLP) dengan tujuan Yogyakarta.

                                                                                                Pringsewu, 01 Desember 2012


Pengurus Kelas Bk Kemasyarakatan

Ketua kelas,                                                                                              Sekretaris,


M. Sholefudin                                                                                           Munawaroh
NPM. 09020029                                                                                        NPM. 09020124








DAFTAR NAMA MAHASISWA BK KEMASYARAKATAN


NO
NAMA
NPM
1
Adi Herlambang
09020161
2
Dani Fazarijal
09020089
3
Eko Supriyanto
09020108
4
Erik Dediwinarto
09020253
5
Hermi Afriza
09020040
6
Ida Rosmayanti
09020150
7
Kukuh Rizal Pratama
09020108
8
Lia Anggraeni
09020044
9
Lia Suryati
09020022
10
Lukman Fauzi
09020101
11
M. Nuraini
09020134
12
M. Solehfudin
09020029
13
M. Wardoyo
09020142
14
Midi Arianto
09020104
15
Mei Fitrianingsih
09020169
16
Munawaroh
09020124
17
Nani Indrayani
09020234
18
Niko Aris Wibowo
09020107
19
Nofi Indah Sari
09020180
20
Novi Lestari
09020139
21
Nuraini
09020035
22
Peni Rubiah
09020145
23
Ratna Nurlianingsih
09020100
24
Rohiman
09020038
25
Rusliana
09020093
26
Septi Nursila
09020025
27
Siti khoiriyah
09020192
28
Sri Yuniarti
09020092
29
Suprapti
09020249
30
Yuliamah
09020111



























KEGIATAN BK KEMASYARAKATAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN STKIP MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN 2012/2013

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ( STKIP ) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
TAHUN 2012




Tidak ada komentar: